TV Analog Dimatikan, Warga Gresik Ramai-ramai Beli STB 

Masyarakat berbondong-bondong membeli Set Top Box (STB) atau alat yang berfungsi untuk merubah sinyal digital yang di pancarkan oleh stasiun TV

Dec 21, 2022 - 15:36
Dec 21, 2022 - 15:37
 0
TV Analog Dimatikan, Warga Gresik Ramai-ramai Beli STB 
Para masyarakat saat mendatangi toko elektronik untuk membeli STB, beberapa toko sudah tidak ada stok STB usai dibeli masyarakat (Foto :Faiz /Gresiksatu.com)

GRESIK | SatuJatim - Siaran TV analog di Kabupaten Gresik resmi dimatikan Kemeninfo sejak kemarin, Selasa (20/12/2022). Namun, sebagian masyarakat masih belum mengetahui tentang TV analog yang mati. 

Seperti yang dialami ibu rumah tangga Sumarsih asal Kelurahan Sidokumpul, Gresik Kota. Ibu berusia 43 tahun itu, bersama masyarakat lainnya ramai-ramai mendatangi toko elektronik di Jalan Raya Basuki Rahmat, Gresik. 

Masyarakat berbondong-bondong membeli Set Top Box (STB) atau alat yang berfungsi untuk merubah sinyal digital yang di pancarkan oleh stasiun TV. STB merubah sinyal menjadi gambar dan suara yang akan di tampilkan pada TV yang menggunakan alat ini. 

“Sejak tadi pagi sekira pukul 08.00 WIB, TV di rumah muncul tulisan tidak ada sinyal, makanya ini beli STB di toko ini,” ucapnya didampingi suaminya. 

Menurutnya, kendati dari keluarga yang kurang mampu, pihaknya tidak mendapatkan bantuan STB dari pemerintah. 

“Dari pada TV dijual mau beli TV digital juga mahal. Makanya beli STB ini, harganya Rp 300 ribu,” jelasnya, Rabu (21/12 /2022). 

Salah satu penjual STB Kelvin mengaku sejak pekan terakhir ini, banyak masyarakat yang membeli STB ke tokonya. Bahkan per hari ini, stok STB ludes. 

“Nanti sore baru ada stok lagi, memang banyak yang cari STB sejak ada informasi TV analog dimatikan,” jelasnya. 

Terpisah, Kepala Bidang Teknologi dan Informatika Sony Caturiyanto mengatakan, progres pembagian STB gratis kepada warga sudah mencapai 24.306 penerima bantuan STB dari Kominfo Pusat. 

Dengan demikian, masih ada sisa 610 yang masih belum tersalurkan kepada masyarakat. Dari jumlah keseluruhan bantuan STB di Kabupaten Gresik berjumlah 24.916. 

“Itu data terakhir dari vendor yang membagikan tanggal 21 Desember 2022. Karena bantuan dari Kominfo Pusat, disalurkan kepada vendor Kementrian,” jelasnya. 

Diakuinya, pihak Diskominfo Gresik juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Tentang TV analog yang dimatikan. Namun, memang masih ada masyarakat yang masih baru tau tentang kebijakan ini. 

“Kami memberikan informasi kepada masyarakat melalui sosmed. Selain itu memang tidak ada surat pemberitahuan kepada kami (Diskominfo Gresik) tentang TV analog, tapi Kemeninfo memberikan iklan pemberitahuan setiap usai program di TV,” paparnya. (faiz/aam) 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow

Miftahul Faiz | satujatim.com Seorang Jurnalis dan Wartawan Media Regional Gresik