Aksi Tabur Bunga Warnai Demo Mahasiswa di Lamongan

May 29, 2023 - 19:36
 0
Aksi Tabur Bunga Warnai Demo Mahasiswa di Lamongan

LAMONGAN l SatuJatim- Aksi tabur bunga sebagai simbol matinya demokrasi wakil rakyat di DPRD mewarnai unjuk rasa yang digelar ratusan mahasiswa di depan gedung DPRD Lamongan, pada Senin (29/5/2023), siang. Demo dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Lamongan juga menyuarakan beberapa tuntutan.

Aksi unjuk rasa yang berlangsung juga sempat memanas. Hal itu lantaran mahasiswa kecewa terhadap sikap anggota DPRD dan aparat kepolisian yang berjaga karena tidak membukakan pintu gerbang. Sehingga mahasiswa berusaha membuka pintu masuk dan memanjat. Namun tidak bisa karena dihalang-halangi oleh polisi. Usai menggelar aksi di DPRD, mahasiswa kemudian melanjutkan aksi unjuk rasa lagi di gedung Pemkab Lamongan.

Menurut korlap aksi Fatur, aksi yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut juga menuntut beberapa hal di antaranya, meminta untuk menghentikan komersialisasi Pendidikan, cabut UU No 12 Tahun 2012 tentang perguruan tinggi dan berikan jaminan Pendidikan gratis dan berkualitas bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Lamongan.

"Ada lagi soal gugat penyelesaian tata ruang di Bengawan Njero terkait banjir tahunan," jelas Fatur.

Selain itu, mahasiswa juga menggugat program JAMULA, wujudkan Reformasi Birokrasi Kesehatan demi terpenuhinya pelayanan gratis tanpa diskriminasi di Kabupaten Lamongan, perbaikan infrastruktur Kesehatan dan pelayanan Kesehatan di Kabupaten Lamongan, berikan jaminan subsidi pupuk, bibit, dan obat-obatan bagi Petani di Kabupaten Lamongan.

"Ada juga tuntutan kami yakin, cabut dan batalkan UU no 6 Tahun 2023 tentang Cipta Kerja dan bangun industri Nasional diatas kemenangan Land Reform Sejati, sebagai syarat utama kemandirian serta kemajuan bangsa dan rakyat Indonesia," pungkasnya.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow